Manokwari, BBC Nusantara – Kepala PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Manokwari, Nasib Sihombing, mengungkapkan kesiapan Pelabuhan Manokwari dalam menghadapi lonjakan arus balik selama liburan Nataru 2024/2025, termasuk memberikan pelayanann angkutan menjelang Imlek dan Idul Fitri.
Dalam wawancara dengan BBC Nusantara di Manokwari, Senin (6/1/2025), Nasib Sihombing menjelaskan bahwa Pelabuhan Manokwari telah melayani dua segmen utama, yakni penumpang dan peti kemas.
“Untuk segmen non-peti kemas sudah tidak ada di Pelabuhan Manokwari. Namun, untuk penumpang, semua kegiatan berlangsung dengan baik,” ujarnya.
Ia menhjelaskan, PT Pelindo telah melakukan sejumlah inovasi sejak semester II tahun 2024 lalu, salah satu langkah penting adalah pemasangan portal pada Agustus 2024 untuk memastikan kendaraan yang masuk ke area pelabuhan teridentifikasi dengan baik.
Di sisi pelayanan terminal penumpang, Pelindo juga telah melakukan peningkatan fasilitas, seperti penambahan pendingin ruangan dan layanan kebersihan (cleaning service) yang siaga. Hal ini mendapatkan apresiasi dari PT Pelni dan sejumlah pengguna layanan pelabuhan.
Kemudian untuk mendukung kenyamanan penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru kemarin, Pelindo menyediakan tenda tambahan dan menghadirkan hiburan musik langsung (live music) di pelabuhan.
Dalam hal keamanan, Pelabuhan Manokwari mendapatkan dukungan dari Polsek Pelabuhan dan Angkatan Laut. Petugas keamanan dilengkapi dengan metal detector, rompi, helm, dan handy talky untuk memastikan keselamatan dan kelancaran pelayanan di terminal.
Sedangkan dari sisi logistik, Kepala PT Pelindo Regional 4 Manokwari menjelaskan bahwa aktivitas peti kemas mengalami penurunan pada Desember 2024, dengan hanya 9 col dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 10 col. Hal ini karena sebagian besar barang kebutuhan telah dikirim pada November.
“Kami sudah berkoordinasi dengan PT Spil, PT Sipil, dan PT Kemas untuk memastikan ketersediaan barang menghadapi Imlek dan Idulfitri. Distribusi barang akan meningkat pada Januari dan Februari 2025,” tambahnya.
Dengan berbagai langkah tersebut, Pelindo Regional 4 Manokwari optimistis dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di tengah momen-momen penting keagamaan yang akan datang. (Amatus Rahakbauw K/ys_soel).